Sunday, June 25, 2006

mengapa begini? mengapa begitu?

Pelajaran berharga dari seorang teman, bahwa kita tidak akan pernah tau mengapa sesuatu terjadi pada diri kita saat itu juga, selalu ada sebab dan akibat tetapi tidak selalu beriringan.

Mengapa begini? Mengapa tidak begitu saja?

Berat kadang menerima sesuatu yang diluar kehendak, tiba-tiba ada hal-hal yang tadinya tanpa diduga terjadi dan kadang membebani pikiran. Kadangkala saya menyesali waktu yang telah lewat, tidak jarang juga saya bersyukur karena selalu ada hal baru yang saya temui setiap hari.

Belum lama saya menerima complain dari seorang teman atas sikap saya. Saya cukup shock pada awalnya, tidak menyangka sesuatu yang saya anggap biasa-biasa saja ternyata melukai seorang teman, bahkan mungkin beberapa, who knows? Itu baru satu hal. Saya tidak yakin perbuatan saya yang lain disukai oleh teman-teman saya yang lain pula.

Hal terbesar yang saya pelajari dari complain itu adalah bahwa segala sesuatu itu perlu tempat, perlu wadah yang tepat, tidak bisa selalu fleksibel. Tidak bisa seperti balon karet yang mengikuti saja bila di tekan ke segala arah, meski pada titik tertentu balon itu akan pecah. Tidak bisa seperti air yang bahkan dengan rendah hati menyesuaikan diri dengan bentuk wadahnya. Tidak semua bisa...

Bahwa hidup itu adalah tempat belajar, saya setuju sekali. Sama setujunya dengan pernyataan bahwa pertanyaan "Mengapa begini? Mengapa begitu?" tidak perlu dijawab saat itu juga. Nanti pada waktu yang tepat pasti akan ada jawabannya. Wallahualam.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home