Thursday, August 26, 2004

memulai sesuatu

Memulai kembali kebiasaan lama itu ternyata sulit sekali ya. Perlu adaptasi baru, perlu banyak pembiasaan-pembiasaan baru lagi. Pasti banyak yang pernah merasakan betapa sulitnya mulai membiasakan diri untuk bangun pagi lagi, setelah berbulan-bulan hampir tidak pernah bangun pagi. Atau membiasakan tidur sebelum tengah malam, serta masih banyak hal yang ternyata susah untuk dimulai kembali setelah lama ditinggalkan.
Satu hal yang saya pelajari adalah banyak syarat untuk bisa memulai kembali sesuatu yang pernah kita tinggalkan. Tidak cukup hanya semangat dan kesadaran, ternyata juga perlu pembiasaan kembali hal-hal yang mendukung. Ketika kita tidak mampu mengatas itu, maka alur hidup kita akan kembali pada pola jahiliyah yang pernah kita jalani sebelumnya. Dan malangnya kejadian ini beberapa kali menimpa diri saya sendiri. Sungguh sebuah perjuangan yang berat untuk menemukan kembali konsistensi yang terpuruk di dasar dan tertumpuk pecahan-pecahan kemalasan yang pernah saya anut.
Anda mungkin tersenyum, karena saya juga tersenyum mengingat selarik peristiwa yang terjadi dalam hidup saya 2 tahun terakhir, lebih-lebih setahun terakhir. Proses dari seorang waras menjadi gila untuk kemudian berjuang menjadi waras kembali. Ada suka dan ada duka di sana dan yang jelas butuh lebih dari sekedar niat untuk bangkit. Bila ditanya soal kepulihan? Saya akan dengan tegas menjawab bahwa saya masih sakit. Namun saya sedang berusaha untuk sembuh, Insya Allah ...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home